Beranikan untuk Publikasi Karya Tulis dan Cerita di Situs-Situs Ini

Pada postingan ini, saya akan berbagi 4 situs menarik yang dapat kalian gunakan untuk langkah awal publikasi karya kalian. Tidak berupa blog, melainkan situs yang dapat menampung berbagai jenis karya tulis. Situs-situs ini memfasilitasi penulis untuk membagikan karya tulisnya. Para pembaca dapat langsung mengakses cerita-cerita atau karya tulis melalui situs-situs ini. Berbagai macam karya tulis tersedia disini.

1. Wattpad (https://www.wattpad.com/)

Wattpad adalah layanan situs web dan aplikasi berbasis android asal Toronto, Kanada, yang memungkinkan penggunanya untuk membaca ataupun mengirimkan karya dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya. Sebagian besar pengguna Wattpad berasal dari Amerika Serikat; kemudian diikuti oleh Britania Raya, Kanada, Filipina, Australia, Rusia, Uni Emirat Arab, dan negara lainnya.
Wattpad memiliki tampilan laman yang menarik dan mengguggah selesa menulis. Berbagai macam genre tersedia di situs ini. Kolom komentar dan Favorite juga tersedia di situs ini untuk menambah relasi para pembaca.

FictionPress yang dahulu merupakan FanFiction merupakan situs terbesar yang merupakan wadah bagi para penulis untuk membagikan karya tulis mereka, baik berupa cerpen, novel ataupun puisi. FictionPress juga merupakan tempat bagi para penulis untuk menjadi suatu komunitas yang mempertemukan para penulis seluruh dunia. FictionPress mempunyai tampilan yang sederhana, karena situs ini lebih mengutamakan bahan bacaannya daripada tampilan situsnya.

Beda halnya dengan Wattpad dan FictionPress, penana merupakan situs yang cukup anyar di industri penulisan cerita online. Dalam situs ini kamu bisa mengikuti beberapa lomba yang rutin dilaksanakan oleh Penana, seperti ikut dalam NaNoWriMo (camp khusus penulis). Situs ini memberi kemudahan dengan bisa diakses melalui gawai seperti Andorid dan IOS.

4. Figment (http://figment.com/)

Didirikan 5 tahun yang lalu, situs ini telah mengumpulkan kurang lebih 500 ribu cerita didalamnya. Figment dibuat sebagai wadah bagi para penulis kreatif yang ingin berkarya dan memamerkan karya tulisnya. Dalam situs ini terdapat beberapa fitur seperti blog, forum dan review, selain laman untuk menuliskan cerita.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »