Tips Mengarang Cerita Pendek Cerpen Membuat Draft dan Langkah

Halo para pembaca, halo calon penulis.
Pada postingan pertama saya, saya akan membagikan tips menarik yang saya ambil dari https://sekolahankuliahan.blogspot.co.id/.
Saya akan berbagi tips mengarang cerpen yang satu di antaranya membuat draft dan juga merupakan langkah dalam mengarang cerpen. Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau cerita mengenai manusia beserta seluk beluknya lewat tulisan pendek dan singkat. Atau pengertian cerpen yang lainnya yaitu sebuah karangan fiktif yang berisi mengenai kehidupan seseorang ataupun kehidupan yang diceritakan secara ringkas dan singkat yang berfokus pada suatu tokoh saja.

Silakan membaca tips mengarang cerpen yang satu ini!
1. Tidak perlu membuat sesuatu yang ‘original’, yang terpenting adalah cerita yang menarik.
Konten cerita yang kalian buat itu sangat penting, karena sebenarnya itulah yang paling di perhatikan oleh para pembaca.

2. Pastikan karakter di cerpen kalian jelas.
Jika kalian membuat cerpen dalam Bahasa Inggris, kalian cukup membuat 2 karakter utama dan pertahankan mereka dalam cerita (satu perempuan dan satu laki-laki). Dalam cerpen Indonesia, buatlah karakter dengan nama yang mudah di ingat, dan dalam cerpen bahasa Inggris, dengan adanya 2 karakter utama perempuan dan laki-laki, pembaca akan tau kata ganti (she atau he) yang kamu tulis itu tertuju untuk siapa.

 3. Buatlah draft untuk prolog dan ending, pastikan kalian akan membuatnya dengan singkat/pendek! Cerita / informasi paling utama akan terjadi di bagian tengah karena di situ lah hal-hal dan kejadian akan terjadi, juga di situ pula terpaparkan perasaan dan pemikiran suatu karakter.

 4. Buatlah draft pemecahan masalah sebelum menuliskannya di ending. 
Cerpen yang bagus bisa membuat pembaca membayangkan dan memikirkan bagaimana suatu masalah akan di selesaikan (endingnya gimana setelah baca bagian tengah)

 5. Buatlah draft kalimat akhir. 
Sebuah akhir / ending suatu cerpen dengan kalimat atau susunan kata yang mengena di hati pembaca dan bisa membuat mereka tersenyum, disinilah saatnya menjadi original!

 6. Pastikan pembaca tetap mendapat informasi tentang apa yang karakter pada cerpen pikirkan atau rasakan.
Para pembaca tidak bisa membaca pikiranmu, tidak bisa membaca pikiran karakter cerpen. Jadi tuliskanlah agar pembaca tau dan mengert.

7. Jangan membuat banyak kalimat dengan kata yang sama!
Baca lagi tulisan kalian, teliti lagi apakah ada banyak kata yang sama, atau bisa diganti dengan kata lain. Terdapat banyak kata yang sama pada cerita pendek bisa membuat pembaca bosan.

 8. Masukan beberapa percakapan atau kalimat langsung yang di katakan oleh karakter (jangan lupa dengan tanda baca yang benar), dan setidaknya terdapat pula kalimat tidak langsung.
 Ada banyak kata yang bisa di gunakan dalam Bahasa Indonesia, contohnya ‘kata..’, ‘jawab..’, ‘balas..’. Jika kalian membuat cerita pendek dalam Bahasa Inggris, gunakan kata yang bervariatif dalam menggantikan kata ‘said’. Cek Postingan kata pengganti said.

 9. Jika kamu merasa masuk ke jalan buntu dalam penulisan, atau istirahat sebentar saat sedang menulis, gunakan waktu itu untuk membaca ceritanya dengan pelan. 
Bacalah, bersuara, tapi pelan. Ini akan berguna untuk mengetahui apakah kalimat yang kalian tulis itu benar atau tidak, cocok atau tidak, enak atau tidak.

10. Gunakan waktu luangmu untuk mengkoreksi cara penulisan kata. 
 Sama halnya dengan Bahasa Inggris, kalian juga harus mengecek apakah kata yang kalian tulis sudah benar penulisannya atau belum.

11. Pastikan memakai tanda baca dengan benar!.
Tanda tanya, titik, koma, tanda seru, apapun tanda bacanya di cerita pendek mu diposisikan dengan benar agar maknanya benar.

 12. Sisakan dan gunakan setidaknya 5 menit untuk review.
Cek kembali cerpen kalian untuk mengetahui poin-poin atau target tulisan yang kamu tuliskan. (Semua yang ingin kamu ceritakan sudah dituliskan atau belum)

Sumber: https://sekolahankuliahan.blogspot.co.id

Share this

Related Posts

First